JALAN JALAN KE LOMBOK (2)

Lombok Day 2

Di hari kedua saya berencana menyeberang ke Gili Trawangan. Untuk menyeberang, saya harus ke pelabuhan Bangsal yang letaknya sekitar 30 menit dari area Senggigi. Dari Senggigi ada beberapa pilihan alternative untuk ke Pelabuhan Bangsal. Bisa naik shuttle bus, taksi atau ojek.
Shuttle Service
Biasanya buri tur di daerah Senggigi punya paket shuttle bus plus fast boat dengan harga sekitar Rp 75,000. Kalau mau praktis pakailah shuttle bus. Tapi shuttle service biasanya berangkat cuma sekalipagi (sekitar jam 9). Pagi ini saya udah komit harus menyelesaikan beberapa urusan. Alhasil sepanjang pagi saya di depan laptop.
Taksi
Di sekitar Senggigi banyak taksi blue bird dan express mangkal, tinggal cari 1 dan suruh mengantar sampai Bangsal. Untuk harganya sya nggak begitu tahu, cuma resepsionis hotel bilang kalau biasanya diatas Rp 150,000
Ojek
Saya naik ojek ke Bangsal. Ojeknya saya tawar jadi Rp 80,000. Kalau bepergian sendiri gak ada salahnya naik ojek sampai Bangsal. Selain lebih murah dari taksi, pemandangan sepanjang jalan juga sangat bagus. Sepanjang jalan saya minta berhenti beberapa kali supaya bisa ambil foto.

FYI:
Sekitar 500 m sebelum pelabuhan ada gerbang penjaga dan parkiran mobil. Semua macam mobil yang melintas harus berhenti. Jadi kita harus jalan sekitar 10 menitan atau naik “cidomo” delman nya Lombok. Kalau bawaannya ga banyak emndingan jalan sih cuma kalau bawa banyak koper dan males jalan kepanasan naik cidomo juga ga papa. Sebenernya saya nggak masalah jalan cuma karena penasaran akhirnya naik “Cidomo”. Saya bayar Rp 20,000.

Tiket Public Boat (Pelabuhan Bangsal)
Begitu sampai pelabuhan cari bangunan di kiri jalan tempat penjualan tiket. Begitu masuk Tanya langsung di belakang konter bukan mas-mas yang berdiri di sekitar. Kenapa? Karena mas-mas nya kebanyakan pekerja fast boat dan akan mencoba giring kita pakai fast boat. Karena sya mau ngirit saya menter naik public boat walaupun udah ditakut2 in suruh nunggu lah…, lama lah… dll.
Walaupun saya harus nunggu kapal cuma berangkat kalau sudah penuh, nyatanya saya cuma tunggu sekitar 30 menitan. Lumayan….
Harga public boat: Rp 18,000
Harga fast boat: Rp 75,000

Hunting Kamar di Gili Trawangan
Setelah naik kapal selama 30 menitan saya tiba di Gili Trawangan. Berhubung saya belum pesen penginapan, saya masih harus hunting. Kali ini saya mau jalan jalan murah. Jadi penginapannya pun cari yang budget. Sepanjang jalan utama GIli Trawangan (yang mana jalan utamanya ya cuma itu) banyak mas mas yang suka panggil-panggil untuk nawarin kamar. Saran saya ladenin aja, siapa tau mereka bisa cariin kamar bagus dengan harga murah. Saya pun dapet kamar dari mas mas rasta yang panggil saya pas lagi jalan hunting kamar.

Setelah dapat kamar, saya ke diving center yang udah saya reserve. (Rencana awalnya memang ke Gili Trawangan untuk ambil “ PADI open water diving license”.