BACKPACKING KELILING ASIA TENGGARA (INTRODUCTION)

BACKPACKING KELILING ASIA TENGGARA (INTRODUCTION)

Pertengahan 2014 saya bertekad untuk resign dari kantor. Being a sales engineer for high tech analyzer instruments manufacturer was not a bad job at all. The stress was there but I earned well. On the top of that, the job taught me a lot. Within 3 years of employment I have grown from just a college fresh grad to a trained Sales Associate. Tapi rasa-rasanya 3 tahun udah cukup. Time to step up and leave Japan. Dari awal tahun saya udah ancang-ancang untuk resign. Sampai dibela-belain apply S2 ke Australia. Setelah tahu saya diterima di program-program S2 yang saya apply, saya beranikan diri untuk resign. Awal September semua urusan resign udah selesai and I was more than ready for the next journey. Berhubung semua progam S2 yang saya lamar baru mulai awal 2015, saya punya waktu luang sekitar 6 bulan-an. Ngapain aja 6 bulan ini? Rencana saya ada 2. Rencana pertama: pulang ke rumah! Dari umur 19 kuliah S1 sampai akhirnya kerja di Jepang, saya jarang banget pulang ke rumah. Maksimal pulang setahun sekali. Kalau ditanya kenapa nggak pulang tiap liburan kuliah? Ya saya cuma bisa bilang kalau liburan kuliah di Jepang biasanya saya pakai buat kerja part time habis-habisan biar pas bulan bulan kuliah nggak khawatir kekurangan finansial. Maklum nggak semua pelajar Indonesia di luar negeri beruntung bisa dapat full scholarship tanpa harus khawatir to meet end meet. Sedangkan pas udah mulai kerja, setahun cuma dapet libur 14 hari. Susah pulang! Jadi gap year kali ini harus disempet-sempetin pulang. Saya asalnya dari Madiun (Jawa Timur). Madiun itu kecil dan tentram. Tapi kalau kelamaan di Madiun tanpa aktivitas yang jelas bisa gila juga. Jadi rencana kedua saya selain pulang adalah: Backpacking! Setelah fix dengan dua plan ini saya mulai bikin timeline-nya; 2 bulan backpacking (ini bikin excited banget. Selama ini nggak pernah yang namanya backpacking lebih dari 2 minggu, sekarang malah 2 bulan) lalu setelah itu pulang ke Indonesia. All fixed!

Kali ini tujuan backpacking saya adalah keliling Jepang dan Asia Tenggara. Keliling Jepang karena setelah 7 tahun tinggal disini saya merasa harus say goodbye sama semua temen-temen dekat dan kota-kota yang pernah saya tinggali. Sedangkan Asia Tenggara karena beberapa alasan:
1) Murah; Saya berencana keliling Thailand – Laos –Vietnam – Kamboja –Malaysia – Singapore –Indonesia. Empat Negara pertama berbatasan satu sama lain, jadi bisa lewat jalan darat yang mana murah. Karena Negara-negara ini adalah destinasi utama backpackers dunia jadi banyak akmodasi backpackers oke dan budget friendly. Di Laos kamar saya cuma sekitar 50 ribu rupiah semalem, Naik bus dari Ho Chi Minh City (Vietnam) ke Phnom Penh (Kamboja) cuma sekitar 100 ribu rupiah.
2) Kenal Tetangga; Sebagai penduduk Asia Tenggara saya merasa kurang mengenal negara-negara tetangga. Ini saatnya buat tahu lebih dalam negara-negara di sekitar Indonesia. Apalagi dari tahun 2015 Asean Economic Community sudah berjalan. Saatnya berinteraksi lebih jauh dan berbisnis dengan tetangga-tetangga kita ini.
3) Go for the adventures; Seperti yang kita semua tahu, Negara-negara tetangga kita ini keadannya macem-macem. Ada yang ekonominya sudah maju seperti Singapore, ada yang masih tertinggal seperti Laos dan Kamboja. Ada yang mayoritas Muslim seperti Malaysia ada juga yang lebih “free” seperti Thailand. Pasti banyak pengalaman yang bisa dipetik dari perjalanan ini.

Banyak yang tanya; “Nggak takut lo jalan-jalan keliling Asia Tenggara sendirian?” Saya jawab aja “Nggak, khawatir apaan sih?” Sebenernya ada sih rasa khawatir sedikit haha. Bukan khawatir takut kena masalah selama perjalanan, tapi takut duitnya nggak cukup sampai ke Indonesia, apalagi tahun depan masih harus S2 di Australia. Tapi setelah “meneguhkan hati” bahwa kalau udah move on dengan kuliah s2 ataupun kerja nggak bakal ada waktu buat backpacking selama 2 bulan, saya akhirnya nekat berangkat.

Detail perjalanan kali ini akan saya bahas di postingan selanjutnya. Karena negaranya banyak, di bagi per-negara aja kali ye.

Sebagai bocoran perjalanan saya kali ini silahkan tonton kompilasi video di bawah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *