Backpacking ke Kamboja 2 (Siam Reap)

Backpacking ke Kamboja 2 (Siam Reap)

Kenapa Siam Reap
Siam Reap adalah kota terbesar no 2 di Kamboja. Siam Reap terkenal karena peninggalan candi-candinya termasuk Candi Angkor Wat. Karena udah jauh-jauh ke Kamboja, saya sempetin mampir beberapa hari keliling Siam Reap.

Cara ke Siam Reap
Ada beberapa cara menuju Siam Reap dari Phnom Penh maupun negara-negara sekitar.

Dari Phnom Penh
Bisa pilih dengan menggunakan bus atau pesawat. Kalau pesawat coba cek maskapai “Cambodia Angkor Air”. Harga tiket pada saat blog entry ini ditulis adalah 50 USD -100 USD. Lama penerbangannya 40 menit. Tapi setahu saya kebanyakan para turis dan backpacker pilih jalan darat. Lebih tepatnya naik bus (karena di kamboja nggak ada kereta). Ada beberapa pilihan bus yang jalan tiap hari ke Siam Reap. Perjalanan makan waktu sekitar 6 jam karena jalanannya masih banyak yang belum beraspal.

Dari Bangkok
Jika ingin naik pesawat, coba cek website “Air Asia” dan “Bangkok Airways”. Ada penerbangan dengan harga mulai dari 100 USD (one way). Kalau mau yang murah, coba naik travel dari Bangkok langsung ke Siam Reap. Saya pun pernah coba naik travel ini. Harga tiket-nya nggak sampai 30 USD (One way) dan lama perjalanan sekitar 8 jam (sudah termasuk berhenti di imigrasi dan istirahat makan)

Malaysia
Air Asia punya direct flight dari KL ke Siam Reap. Harga tiket one way sekitar 100 USD.

Vietnam
Kalau dari Hanoi berhubung jauh harus naik pesawat. Cuma kalau dari Ho Chi Minh City naik bus juga bisa. Perjalanan makan waktu sekitar 12 jam.

Perjalanan Phnom Penh – Siam Reap
Saya naik bus pariwisata dari area berhenti bus dekat royal palace. Sebelum beli tiket saya dapat informasi bahwa ada 4 perusahaan bus pariwisata yang punya reputasi bagus; Giant Ibis Transport, Sorya Transport 168, Capitol , Mekong Express. Saya pilih naik Giant Ibis Transport karena armadanya relatif baru dan kursinya paling lebar dibanding yang lain. Harga tiket sekitar 15 USD. Bus ber AC, wifi (walaupun di tengah jalan tiba-tiba wifinya nggak jalan) dan dapat snack. Untuk pembelian tiket, bisa beli langsung di kantor “giant ibis” yang mana terletak di depan bus parkir sebelum berangkat. Bisa juga minta tolong guest house/ hotel tempat menginap untuk pesenin atau beli online di website mereka dan dibayar pakai kartu kredit (Saya sendiri beli tiket bus ini online). 6 jam perjalanan dari Phnom Penh ke Siam Reap lancar. Cuma karena jalanan antar provinsi di Kamboja banyak yang belum beraspal, bus nggak bisa melaju terlalu kencang.

Penginapan di Siam Reap
Ada banyak varian tempat menginap di Siam Reap. tema jalan-jalannya kali ini adalah backpacking, saya cari backpacker guest house yang terjangkau dan comfy. Kebanyakan backpacker guest house terletak di sekitar area night market dan pub street (kalau pilih penginapan saya sarankan yang dekat dua area ini sih biar gampang cari makan dan hiburan). Guest house yang saya tempati namanya “One Stop Hostel”. Hostel ini hanya menyediakan kamar dormitory. Ada 2 pilihan kamar yaitu kamar dengan 4 “bunk bed” atau kamar dengan 18 “bunk bed”. Walaupun modelnya dormitory, guest house ini salah satu guest house yang menurut saya paling bersih selama perjalanan saya keliling Asia Tenggara. Semua orang harus lepas alas kaki sebelum masuk bangunan. Kamarnya pun dibersihkan tiap hari. Manajemen hostel juga me-recycle sampah mereka. Tiap kamar ber-ac dan terkoneksi dengan wifi. Tarif per orang-nya sekitar 7 USD per malam. Beberapa malam menginap di hostel ini saya juga dapat kenalan yang seru-seru sampai akhirnya selama di Siam Reap saya selalu jalan-jalan bersama mereka.

Hal Yang Wajib di Coba di Siam Reap

Keliling Candi
Tujuan utama hampir semua turis dan backpacker yang pergi ke Siam Reap adalah mengunjungi Angkor Wat. Tapi perlu diketahui kalau Kompleks candi di Siam Reap bukan hanya Angkor Wat. Ada beberapa kompleks Candi yang masing-masing punya keunikan sendiri. Berhubung jumlahnya lumayan banyak dan butuh waktu yang nggak sedikit untuk mengunjungi tiap candi, Temple Visit biasanya dibagi jadi dua hari. 1 hari untuk mengunjungi candi-candi di small circle dan 1 hari lagi untuk mengunjungi candi-candi di big circle. Saya sendiri coba dua-duanya dengan 3 orang teman yang saya kenal dari hostel. Kita ber empat mencarter tuk-tuk buat nganterin kita seharian.

Small Circle
Big Circle
Bang Meala

Pub Street
Hiburan malam di Siam Reap boleh dibilang terpusat di Pub Street. Mulai dari restoran yang jenisnya macem-macem, bar, club dan karaoke.

Pasar Seni
Jangan lupa ke pasar seni Siam Reap. Setahu saya ada 2 pasar seni di sekitar daerah Pub Street. Pasar seni yang pertama ada di seberang sungai di dekat pub street. Pasar Seni yang kedua letaknya di Jalanan utama sebelum masuk ke area pub street. Satu jalan dengan “one stop hostel” (hostel tempat saya menginap).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *