5 Hal Yang Harus Dilakukan Selama di Gili Trawangan

5 Hal Yang Harus Dilakukan Selama di Gili trawangan

Backpacking kali ini saya habiskan waktu sekitar 5 hari di Pulau Gili Trawangan.
Walaupun kayanya lumayan lama, saya masih ngerasa kurang dan kalau bukan ada kewajiban lain mungkin bakal nambah 2 harian lagi. Dalam 5 hari tersebut saya sibukkin diri dengan macem-macem aktifitas.

1) Menyelam (Diving) di Gili Trawangan

Seperti yang sudah saya bilang di entry sebelumnya, tujuan utama saya ke Gili Trawangan kali ini adalah untuk mendapat “diving license”. Saya dengar ada beberapa kualifikasi yang dikeluarkan oleh beberapa organisasi menyelam. Tapi yang paling common dan universal adalah kualifikasi yang dikeluarkan oleh PADI (Professional Association of Diving Instructor). Jadi saya putusin untuk ambil license paling gampang yang dikeluarkan oleh PADI yaitu “open water dive”. Untuk lebih jelasnya lihat penjelasan dibawah ini !
Macam-macam Diving
Scuba Diving
Open Water Diving
Advanced Diving

Pilihan tempat Diving
Sebelum berangkat saya browsing dive center yang ada di GIli Trawangan. Banyak pilihan dan harga yang ditawarkan relatif sama. Karena makin banyak pilihan makin jadi bingung saya akhirnya pilih beberapa yang rating nya paling tinggi di trip advisor dan web page nya paling meyakinkan untuk kemudian dibanding bandingkan. Dari segi harga semuanya hampir sama (sekitar USD 395 untuk open water dive license). Akhirnya pilihan saya jatuh ke “Blue Marlin Dive” karena rating mereka paling tinggi dan paling banyak review di trip advisor. Kalau ada waktu lebih saya anjurkan nggak usah booking dulu seperti saya. Walk – in aja langsung biar bisa ngebedain. Dive center yang saya pilih bagus sih cuma alangkah lebih baiknya kalau bisa ngebandingin secara langsung dengan dive center lain sebelum mutusin untuk pakai yang mana. Yang pasti harus aman dan terlihat professional. Lalu tinggal cocok-cocokan sama instrukturnya. Untuk open water dive course yang saya ambil butuh waktu sekitar 3.5 hari (3 hari plus 2 jam sebelum hari pertama untuk belajar teori). FYI course ini lumayan menguras tenaga. Selama 3 hari saya nggak sempat ngapa-ngapain karena seharian di dive center, belajar teori dan diving. Nggak ada energy buat keluar malam. Untuk makan malem aja saya harus susah payah keluar.

2) Bersepeda di Gili
Jangan lupa untuk sewa sepeda paling nggak sehari di Gili Trawangan. Dengan sepeda ini kita bisa bebas keliling pulau, ngejar sunset di ujung lain pulau dan ke daerah yang sepi untuk berjemur.

3) Wisata Kuliner di Gili Trawangan
Di Gili Trawangan banyak banget resto dan dining bar yang asik untuk dikunjungi. Kebanyakan sedia masakan Indonesia dan western (secara sebagian besar pengunjung pulau adalah bule-bule). Favorit saya adalah “Scallywags Fish Market & Salad Bar”. Menurut pengamatan saya, resto ini hampir selalu rame tiap malam. Kita bisa pilih menu a la carte atau barbeque. Kalau pilih barbeque, kita tinggal ke depan resto untuk pilih daging atau ikan yang dimau. Enaknya pilih menu barbeque disini adalah harga barbeque sudah termasuk salad bar. Jadi bisa ambil salad bar buffet sepuasnya. Scally mengclaim kalau salad bar mereka dari bahan-bahan organic. Selain itu salad bar mereka macem-macem jenisnya dan yang pasti enak. Saking senengnya saya sampai ke sini 2 malem berturut – turut.

Selain Scally masih banyak restoran, dining bar, beach club lain yang bisa di eksplor. Nggak akan bosen deh pastinya!

4) Watch Movie
Salah satu hotel/resort di Gili T punya acara “movie night”. Jadi mereka pasang layar tancep pas di depan pantai dan sediain bean bags untuk para pengunjung. Tiap malem ada 2 film yang di putar (jam 19:00 dan jam 21:00). Tiap hari filmnya berbeda, jadi nggak akan bosen. Kalau berminat nonton tarifnya Rp 50,000 (include pop corn). Saya sendiri coba nonton sekali. Pas itu film nya “life of Pi” yang kebetulan saya belum pernah nonton. Overall, movie night ini cukup mengibur dan recommended. Apalagi kalau seharian kita udah capek jalan, apling enak duduk di bean bags yang pewe, nonton film outdoor sambil denger ombak.

5) Sunset
Salah satu kegiatan yang hampir semua pengunjung di Gili lakukan adalah nonton sunset. Spot yang paling bagus untuk menyaksikan sunset di gili adalah di bagian barat pantai. Kalau bingung barat-nya di Gili sebelah mana, tinggal ngikutin arah matahari terbenam, ntar pasti ketemu sendiri hehehe (at least that’s what I did). Ada beberapa beach lounge dan bar yang pas banget untuk di singgahi untuk menyaksikan sunset. Ada beberapa posh-stylish beach lounge ataupun resto-resto biasa. Saya pun awalnya bingung mau pilih yang mana. Tapi setelah muterin satu pulau naik sepeda, pilihan saya jatuh ke bar bernama “sunset bar” yang nggak posh amat tapi sangat pewe. Kursi nya kursi warung kayu biasa, tapi yang bikin spesial adalah music reggae yang mereka putar keras-keras. Suasana nya ngena banget buat saya! Lebih ngena disbanding bar-bar lain yang muter lagu-lagu techno dan top 40.

Basically, 5 hal diatas adalah kegiatan favorit saya selama di Gili Trawangan. Selain 5 aktivitas diatas masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti ikut kelas Yoga, foot massage, ikut kelas masak, berjemur di pantai, maen volley pantai dan lain lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *